• (0361) 236 444 | 0818 418 444
  • info@albanna.sch.id
  • Jl. Tukad Yeh Ho III No.16, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80234
  • News

    KTS 2019: Fieldtrip SMP Albanna Denpasar

     

    Tiap tahunnya sekolah SMP Albanna Denpasar mengadakan agenda Field Studi.  Kegiatan ini merupakan pembelajaran di luar kelas dan salah satu program yayasan Albanna untuk setiap Unit Sekolah.

    Menurut Sariwati, SPt, M.Pd selaku kepala sekolah SMP Albanna Denpasar mengatakan tujuan agenda ini untuk penguatan pemahaman siswa melalui praktek lapangan serta menambah pengalaman baru, cara belajar yang menarik karena belajar tidak hanya di kelas. “Agenda yang merupakan rangkaian kegiatan tengah semester ini, harapannya dapat menguatkan konsep learning by doing utk siswa siswi SMP Albanna Denpasar.” ucapnya.

    SMP Albanna memilih Bedugul untuk kegiatan fieldtrip kali ini. Menurut Muhammad Hibatul Izzi S.Pd selaku ketua panitia mengatakan tema kali ini yaitu meningkatkan semangat belajar, berlatih untuk sportif. “Untuk mendukung tema kami memilih 3 tempat sesuai tingkatan kelas diantaranya kelas 7 ke Secret Garden Village – Bedugul, kelas 8 ke Botanical Garden – Bedugul, kelas 9 ke Balai Inseminasi Buatan Daerah – Bedugul” ujarnya.

    Izzi menerangkan bahwa alasan memilih lokasi-lokasi tersebut adalah karena relevan dengan kompetensi dasar dari pelajaran yg dipelajari di kelas sesuai angkatan. “Semoga dengan belajar langsung di lapangan, anak-anak bisa mendapatkan pengalaman belajar yg berbeda, lebih menarik dan menyenangkan sehingga materi dan kompetensi yg tercapai lebih maksimal” ungkapnya.

    Aliya Azzam Zubair kelas 7F menuturkan kesannya mengikuti fieldtrip pertama ini sangat menyenangkan. “Belajar sambil bermain ini seru bagiku ditambah bisa berfoto dan bermain bersama di Secret Garden. Disini kita blajar membuat sabun dan juga mengenal tentang kopi dimana semua bahan bahannya berasal dari tumbuhan asli Indonesia, sehingga saya selaku generasi muda wajib untuk melestarikan apa yang menjadi budaya Indonesia.” ujarnya

    Begitu juga dengan Eka Pradipa Nata 9B yang juga merasakan kesenangan berkunjung ke Inseminasi buatan. “Disini kami mengetahui apa itu inseminasi buatan dan proses inseminasi buatan, dari situ kami tahu bahwa inseminasi buatan sangat penting untuk keberlangsungan keturunan hewan,  supaya hewan tersebut tidak  cepat punah.”tangkasnya.

    Perwakilan kelas 8 juga mengungkapkan antusiasnya berkunjung ke Botani dan Bloom. Siti Fauziah kelas 8C berkata “Disana saya belajar tentang klasifikasi  jenis-jenis tumbuhan. Kami meneliti berbagai tanaman hias jenis paku-pakuan dan begonia. Sesuai dengan teori yang kami pelajari di sekolah”. Fauziah menambahkan, bahagia bersekolah di SMP Albanna karena tidak hanya fokus belajar disekolah saja, namun Kami diberi kesempatan untuk belajar di luar sekolah dengan konsep yang seru. (tim humas)

    Leave a comment