• (0361) 236 444 | 0818 418 444
  • info@albanna.sch.id
  • Jl. Tukad Yeh Ho III No.16, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80234
  • News

    Kemah Penggalang SMP Albanna

    Pendidikan pramuka merupakan bagian dalam struktur kurikulum pendidikan Sekolah Albanna. Pramuka sebagai wahana pembentukan karakter siswa, karena dalam Pramuka siswa dilatih kepemimpinan, kerja sama, solidaritas, mandiri, dan keberanian. Hal ini kiranya sebagai penyeimbang kegiatan pembelajaran dalam kurikulum formal yang lebih berorientasi pada ranah kognitif (pengetahuan) dan psikomotorik (ketrampilan). Kegiatan Pramuka ini akan mampu membangun kecerdasan siswa pada ranah afeksi (sikap dan perilaku), sehingga siswa akan mampu mengembangkan karakternya secara positif.

    I Gusti Agung Gede Eka Wahyu Prihadi Seputra, S.Ked. selaku ketua panita mengatakan bahwa kegiatan perkemahan kali ini bertemakan Membangun Pribadi Berkarakter Disiplin, Tangguh, dan Berakhlak Mulia. Kegiatan ini diikuti oleh 206 peserta didik di kelas 7 dan 8 serta 24 kakak Pembina. “Acara kali ini kami lakukan di Bali Outboud & Farmstay (BOF) Bedugul selama 3 hari 2 malam pada tanggal 31 Oktober s/d 2 November 2019.”paparnya.

    Gede menerangkan rangkaian acara yang dilakukan dihari pertama yakni pemberangkatan pagi dari sekolah ke lokasi, tiba dilokasi mendirikan tenda, selanjutnya upacara pembukaan, materi aplikasi pioneering, dan malamnya games digital. Hari kedua anak-anak dimulai dengan tracking, upacara api unggun, dan pentas seni. Hari ketiga upacara penutupan dan pulang. “Rangkaian acara ini bertujuan untuk mempersiapkan anak-anak yang tangguh dan siap menghadapi kehidupan yang akan datang,”ungkapnya.

    Senada dengan Gede, Sarah Ghaitsa Annajla selaku pratama putrid SMP Albanna menuturkan rangkaian acara perkemahan kali ini seru dan berkesan. “Agenda yang menantang menurut saya saat tracking karena kami diminta untuk memecahkan setiap tantangan, disini kami harus kompak dan saling percaya, kami sempat tersesat namun tidak membuat kami putus asa, berkat tim yang solid kami dapat melaluinya.”tuturnya.

    Menanggapi hal tersebut, Sariwati S.Pd, M.Pd mengungkapkan program wajib ini untuk melatih kepribadian yang mandiri, disiplin, dan terampil serta pantang menyerah sehingga peserta didik terbiasa terampil dalam memecahkan suatu masalah. “Dengan kegiatan kemah wajib ini harapan kami menumbuhkan karakter positif dalam siswa tercapai.” tutupnya.

    (tim humas)

    Leave a comment