• (0361) 236 444 | 0818 418 444
  • info@albanna.sch.id
  • Jl. Tukad Yeh Ho III No.16, Dauh Puri Klod, Kec. Denpasar Barat, Kota Denpasar, Bali 80234
  • News

    Kemah Ukhuwah Awal Tahun (KUAT) SMA Albanna TA 2019/2020

    Agenda perkemahan SMA Albanna merupakan kegiatan wajib untuk siswa kelas 10 dan 11 sebagai bentuk penerapan Permendikbud RI no. 63 Thn 2014 tentang pendidikan kepramukaan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib pada pendidikan dasar dan menengah. KUAT kali ini diadakan di Bumi Perkemahan Agro Wisata Mahajaya, Kabupaten Tabanan. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam dari tanggal 31 Oktober – 2 November 2019.

    Menurut Ruri Subiantoro, S.Pt., M.Pd selaku Kepala Sekolah SMA Albanna mengungkapkan kegiatan ini bersifat wajib untuk siswa. Tujuan kegiatan adalah untuk membangun karakter siswa SMA Albanna agar semakin cakap dan memiliki akhlak mulia. “Siswa diharapkan memiliki kecintaan pada bangsa dan negaranya dengan mengenal berbagai budaya dari berbagai suku, memiliki pemahaman tentang ketatanegaraan dan mampu memaksimalkan akal siswa untuk menciptakan teknologi,”tuturnya.

    Menurut Rizal Iwan Fatoni, S.Pd.I selaku Ketua Panita melaporkan kegiatan kemah kali ini diikuti oleh 130 peserta 14 sangga dan 15 guru 8 siswa ambalan. Rangkaian kegiatan acara yang dilakukan di hari pertama yakni pemberangkatan pagi dari sekolah ke lokasi, tiba dilokasi pelaksanaan upacara pembukaan, dilanjutkan mendirikan tenda dan isoma, setelah itu agenda menaksir tinggi objek, pioneering, dan malamnya simulasi tata Negara. Hari kedua diawali permainan tradisional, kemudian membuat makanan dan pakaian dari daerah masing-masing di Indonesia, dan malamnya upacara api unggun yang dilanjutkan dengan Riang Gembira. Hari ketiga ada jelajah alam, kemudian upacara penutup dan kembali ke sekolah. “Dari berbagai kegiatan yang dilakukan, kegiatan yang ditunggu-tunggu adalah api unggun karena api unggun merupakan puncak acara dari kemah ini. ”ujarnya.

    Senada dengan Rizal, Valentina Febriyanti selaku Pradani SMA Albanna menuturkan bahwa agenda api unggun momentum yang dinanti dalam kemah ini serta keseruan membuat makanan dan pakaian khas Nusantara menjadi moment yang berkesan baginya. “Saya sangat senang konsep tahun ini dibuat berbeda dari tahun lalu dimana rangkaian agendanya fun namun mendidik yaitu kami dapat eksplorasi kedaerahan melalui karya makanan dan pakaian yang kami buat sendiri dan juga melatih organisasi,” tandasnya.

    (tim humas)

    Leave a comment